ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Dalam pelajaran matematika adalah pelajaran paling pusing tanpa alat penghitung yang disebut kalkulator.. Jika dalam pelajaran lain mungkin jawaban bisa di toleransi jika mirip tapi jika matematika walaupun mirip tetep salah.. Bener ga.. Nah buat yang mo belajar mudah2 bisa membantu ni caranya,. Jika di perhatikan gampang, mudah2an mengerti..

Perkalian kuadrat yang simpel adalah angka akhir 5
contoh:

5x5,15x15,25x25,35x35 dst

Setiap perkalian bilangan akhir 5, pasti hasilnya akhir juga belakangnya 25, misalnya:

5x5=25
15x15=225
25x25=625

Sekarang gimana caranya nyari angka depanya?
Untuk nyari angka depannya. Caranya misalnya:

15x15

Angka depan kan 1 dikali angka lebih tinggi 1 tingkat dari angka depan atau 1+1 yaitu 2
jadi

1x2=2

Jadi belakangnya tinggal nambahin angka 25

15x15=225

Contoh lagi angka yang lebih tinggi

55x55=....25

Angka depanya

5x(5+1)=5x6=30
Jadi : 55x55=3025

Perkalian kuadrat yang lain contoh

11x11=121, 12x12=144, 13x13=169,14x14=196

Cara ngitung simpelnya..

11x11

Bilangan awal biarkan
Bilangan akhir di tambah dan di kali bilangan itu sendiri,
Jadi:

11x11
1(1+1)(1x1)
121

12x12
1(2+2)(2x2)
144

14x14
1(4+4)(4x4)
18(16)

Nah jika hasil jadi puluhan maka angka depan hasil di tambahkan angka sebelumnya jadi

18(16)
1(8+1)6
196

17x17
1(7+7)(7x7)
1(14)(49)
(1+1)(4+4)9
289

Perkalian dengan satuan dengan angka 9
Misal
1x9,2x9,3x9...s/d 10x9

Perkalian angka satuan dengan angka 9 hasilanya jika ditambahkan pasti 9
Contoh

1x9=18

jika kita menamba 1 dan 8 maka hasilnya 9

5x9=45
4+5=9

Oleh dikarenakan itu pasti maka kita bisa membalik untuk menemukan perkalian dengan angka 9,
Caranya membaliknya gini gini

8x9=72,

Untuk memperoleh angka 72 maka:

8x9=...
8-1=7
7+...=9
9-7=2 jadi
9=7+2

Udah mudeng kan angka 72 dari mana..

6x9
6-1=5
5+...=9
9-5=4
9=5+4
6x9=54

Nah buat yang perkalian puluhan dengan 9 maka hanya bisa buat ngecek jawaban kita bener apa nggak
Contoh :

359425x9=3207825

Coba tambahkan hasilnya apakah 9

3207825
3+2+0+7+8+2+5=27
2+7=9

Berarti jawban
359425x9=3207825 benar

Perkalian menggunakan jari mulai dari 6 sampi 9
Misal

6x6,6x7 s/d 9x9

Jari pasti ada 10 kecuali ya ada kelainan..
Contoh perkalian

6x7

anggap 5 jari kiri dan kanan mulai dari 6
Jika kita tekuk 1 artinya 6 tekuk 2 artinya 7 tekuk 3 artinya 8

Contoh
6x7

Tekuk jempol kiri adalah 6
Tekuk jempol dan telunjuk adalah 7
Jari yang tertekuk ditambahkan dan yang berdiri kalikan
Maka yang tertekuk kiri 1 kanan 2 , yang berdiri kiri 4 kanan 3
Jadi

(1+2)(3x4)
3(12)

3 adalah puluhan jadi

30+12= 42

8x7
Kiri= Tekuk jempol/6,pelunjuk/7,jari tengah/8,
Kanan= tekuk jempol/6,telunjuk/7
Yang ditekuk tambahkan yang berdiri kalikan
Yang ditekuk Kiri=3 Kanan=2
Yang berdiri kiri=2 kanan=3
Jadi

(3+2)(2x3)
56 jadi 8x7=56

Bingung yah aku bingung neranginya ga bisa praktek pake jari, mudah2an mengerti,kalo udah masuk pikiran caranya pasti gampang..
Coba di praktekin buat ngajarin anak2nya..

About Ekowijayanto

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
This is the last post.

5 comments:

  1. Hebat..
    Aku baru ngerti perkalian uadrat 5 itu..

    ReplyDelete
  2. 55x55=....25

    Angka depanya

    5x(5+1)=5x6=30
    Jadi : 55x55=3025

    dapetnya 5x(5+1)=5x6=30 dari mana ya boss??? sek bingung aku :D

    ReplyDelete
  3. 55x55=....25

    Biar jelas pake huruf

    A5xA5=...25
    A x(A+1)=..25

    Angka depan kan 5 x (angka lebih tinggi 1 tingkat dari angka depan atau 5+1) jadi kan 6
    jadi
    Detailnya
    5x(5+1)=5x6=30
    Belakangnya tinggal letakin 25
    55x55=3025

    Udah ngerti belum nih

    ReplyDelete
  4. kunjungan malam gan, salam kenal nih..
    kunjungan pertama di blog ini, mantep bener.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.


Top