Tips gampang ngecek pengapian motor mati mendadak

Pernah mengalami mogok di jalan? gara2 pengapian mendadak hilang? penyebab perginya api busi untuk membakar campuran bensin dan udara akibat dari 3 faktor yang saling berhubungan, jika salah satu tidak bekerja maka pengapian akan mati, 3 faktor tersebut adalah busi, koil dan CDI Yang bermasalah, melacaknya bisa dirasakan dari gejala yang timbul..

Pengecekan mulai dari busi, mengeceknya gampang, lepaskan busi dari dudukan, lalu tepelkan ke mesin. ON kan kontak dan coba starter, jika api tidak keluar dari busi, maka berlanjut ke coil dan CDI pengecekan pertama coba lepaskan busi dari kabel coil lalu dekatkan kabel ke mesin, coba starter, kalo tidak ada api yang keluar maka salah satu dari dua peranti vital itu bermasalah, tetapi jika ada percikan api maka hanya busi yang perlu di ganti baru..

Untuk mengetahui apakah coil atau CDI yang bermasalah perhatikan gejala yang timbul sebelum motor mati, jika CDI yang bermasalah, di tandai dengan, ketika dingin motor dapat hidup normal,tetapi jika mesin panas CDI bermasalah,hal ini dapat berangsur lama sampi CDI mati total, jika motor hanya mogok, dan pengapian hilang dalam kondisi panas maka bisa di pastikan CDI yang bermasalah..

Lain halnya dengan Koil, biasanya sebelum mati total, tetap mengeluarkan percikan api, mengeceknya dalam kondisi seperti awal tadi, dekatkan kabel coil ke mesin dan starter, Jika kabel memercikan api tetapi jika kita pasang busi baru tidak memercikan api maka Koil lemah syahwat..! Buruan ganti sebelum mati total.

Sumber: motor plus

14 komentar:

1 April 2009 04.53
Nama : rampadan
Website : http://www.blogger.com/profile/05978665211804370286

mengatakan...

Hehehe
Pernah bro yg seperti ini, mana motornya mati dijalan jam 9 malem, jd bengkel pd tutup.
Yg paling parah, tuch motor motor pinjaman.

post komentar
2 April 2009 16.32
Nama : Sastrocaster
Website : http://www.blogger.com/profile/03881630660495041538

mengatakan...

Bagus sob tipsnya mengenai motor mati mendadak solusinya bagus...salam kenal

post komentar
13 November 2009 03.07
Nama : aryon
Website : http://aryon-online.blogspot.com

mengatakan...

thanks bro,,
atas tipsnya,,
jadi gw gak akan telat ngampus lagie gara2 pengapian motor hilang mendadak,,,

post komentar
25 Agustus 2011 23.12
Nama : David Ardian Syah
Website : http://www.blogger.com/profile/02849532384349226094

mengatakan...

waahh pengalaman betul gan, saya coba dulu repair motor mega pro saya dulu ya,,, kemarin tiba2 aja mogok habis dari warung beli makan buat buka puasa, pas mau balik eh tiba2 gak mau distart, api hilang, fuse ok, cdi keluar cuman 12V sebelum masuk coil, aduh masih lom ketemu neh...

post komentar
8 Desember 2011 02.04
Nama : ardi
Website : http://nayu2.blogspot.com

mengatakan...

ane mo ikut nimbrung yak.

ane punya pengalaman juga nih.

motor lagi turun jalan layang kl ga salah skitar 70 - 80 km/jam. tiba2 mati. alhasil harus nge-sen pake tangan (soalnya mati smua) kiri bwt minggir dulu. cb di engkol berkali2 ga idup.
alhamdulillah nyari bengkel ketemu.
pertama dicek busi,koil, CDI ga ada masalah.
lalu lanjut karbu jg ga ada masalah.
itu yg ane takutin......
lanjut ke klep. ga berapa lama idup-lah tuh mesin sambil ngeluarin asep item.
abang bengkelnya bilang "itu kompresinya kurang makanya mesin ga bisa idup n oli ga mau naik".
saran dia cepet2 aja ganti seher/piston.

yang ane mo tanyain apakah saran itu bener ? ato ada solusi laen?
tolong donk agan2 yang tau soal mesin bisa sedikit memberi ilmunya ke ane.
makasih.
btw motor ane supra 125

post komentar
Anonim 27 Desember 2011 00.59

mengatakan...

Minta masukannya kawan2.
Motor saya Jupiter Z 2007, lagi mogok.
1- Motor saya tiba2 mati saat saya nyalain lampu sign (kiri atau kanan). padahal aki masih baru.
2- motor saya tsb tidak bisa dinyalain jika aki tidak ada setrumnya, meskipun disela.

makasih infonya
Joyo

post komentar
6 Maret 2012 19.21
Nama : yendrisanto
Website : http://www.blogger.com/profile/05785460008624309523

mengatakan...

mw tnya ne bos, motor saya yamaha vega R kenapa CDI ny sring mati y udh 4 kali ganti CDI ane udh nggk kuat lg ne bos tlong info ny

post komentar
21 Mei 2012 21.21
Nama : Green Database
Website : http://www.blogger.com/profile/18434919863181414270

mengatakan...

wah bagus nih info nya, ane sering ngalami ky gtu gan! ky nya bener CDI ane yang rusak, karena setiap mesin panas atau perjalanan jauh. . pasti pengapian mulai redup, karena mungkin juga udah lama CDInya!

ganti CDI berapa ya gan??

ane mau nabung dulu buat ganti CDI baru, motor ane (Honda lengenda)

post komentar
4 Januari 2013 10.01
Nama : bos gank
Website : http://www.blogger.com/profile/11356205191138428821

mengatakan...

Kl semua normal tp tetep gk bsa d stater
so.al.a mtor.nya abs kena ujan lebat
tp filter gak d lepas lho
tiba2 mati sendiri
083838944373

post komentar
15 Juni 2013 08.41
Nama : Obat Kanker Payudara Yang Ampuh
Website : http://goo.gl/PocUV

mengatakan...

kunjungan malam gan, salam kenal nih..
kunjungan pertama di blog ini, mantep bener.

post komentar
10 Juli 2013 19.29
Nama : obat herbal kanker payudara
Website : http://goo.gl/DJjjr

mengatakan...

kali ini sangat ramai sekali informasinya. Jadi betah

post komentar
13 Juli 2013 01.13
Nama : Obat Kanker Payudara Tradisional
Website : http://goo.gl/zwSCl

mengatakan...

informasi menarik sangat beruntung bisa berkunjung disini

post komentar
24 Juli 2013 17.32
Nama : obat herbal gondok
Website : http://goo.gl/gNIWc6

mengatakan...

informasinya sangat menarik sekali..

post komentar
25 Juli 2013 17.18
Nama : obat kanker payudara
Website : http://goo.gl/atBtwd

mengatakan...

kunjungan pagi, salam buat semuanya..

post komentar

Poskan Komentar

Belajar cari tau © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute