Belajar bermain sulap dengan matematika

Bermain2 angka yuk sambil belajar itung2an, pernah denger kan rumus buat hasil tetap,biasanya di pakai pesulap untuk menipu,he.. Ya sebenernya si enggak nipu mengelabui yang pasti pembuat rumusnya kreatif, contoh
(trik 1)
pilih angka berapa aja contoh misalkan 30 terus di kali 2ditambah 38 lalu dibagi 2 terus dikurangin 30 yg merupakan angka pilihan kita dan hasilnya 19 30 x 2 + 38 : 2 - 30 = 19contoh lainnya 43 x 2 + 38 : 2 -43 = 19 ts juga bisa coba dgn angka lain selain 30 or 43 tapi tdk merubah rumusnya...x2+38:2-...=19
Penjelasannya seperti ini:
coba rumusnya disederhanakan dulu:

((2x+38)/2)-x=19
(x+19)-x=19

(trik 2)
Pangil orang,suruh dia memikirkan no sembarang angka bisa 100, 32, 0.7, -6 pokoknya bebas dech
Lalu kalikan dengan 2.
Kalikan lagi dengan 5
Lalu hasilnya dibagi angka asal Lalu kurangi dengan 6
sekarang, Lo bilang ke org itu bahwa hasilnya adalah 4 ( kalo bukan berarti kalkulatornya eror atau temen lo yang eror)
Rahasianya
Ambil n sembarang angka
Dikalikan dengan 2 menjadi 2n
lalu dikalikan 5 menjadi 5x2n=10n
Disedrhanakan menjadi
10n=5x2n
10n/n=10
Dikurangi dengan 6 kita peroleh 10-6=4
akhirnya akan selalu 4
Jika digambarkan maka (nx2)x5/n=10-6=4
Jadi berapapun nilai n hasilnya sama.

(trik 3)
Nah dedy corbuzier pernah pake ni rumus
mengubah sebarang bilangan asli menjadi 9. Coba ubah bilangan 20 menjadi 9 dengan menggunakan operasi matematika yaitu tambah, kurang, kali, bagi atau yang lain.
Sebagi contoh
20 : 2 - 1 menjadi 9.
dengan cara lain
20 - 11 menjadi 9.
nah sekarang seandainya saya punya suatu bilangan yang tertulis dhati , tanpa mengetahui bilangan yang tertulis bisakah kalian mengubahnya menjadi sembilan?
Pasti menurut nalar tidak bisa. Apa yg hrus kita lakukan tanpa angka
-sekarang kita balik, siapkan selembar kertas dan tulis sebuah bilangan sesuka kalian, boleh bilangan kecil atau besar yang penting bilangan asli.Ingat pengertian bilangan dan angka berbeda,
Cth 75 adalah bilangan yang terdiri dari dua angka yaitu angka 7 dan angka 5. Dan
8 adalah bilangan yang terdiri dari satu angka yaitu 8.
Coba ikuti berikut ini
-kalikan bilangan yang kamu tulis dengan sembilan.
Hasilnya berupa sebuah bilangan asli juga, ada yang terdiri dari 1 angka, 2 angka, 3 angka, 4 angka dan seterusnya.
Jika hasilnya bilangan yang lebih dari satu angka maka Jumlahkan angka-angka yang menyusun bilangan tersebut sampai hasilnya berupa bilangan yang terdiri dari satu angka maka kamu harus berhenti.
Cth saya ingin bilangan 5764
5764x9=51876=5+1+8+7+6=27=2+7=9
maka hasil akhir adalah 9
-Saya yakin bahwa semua pasti berhenti menghitung pada saat bilangan terakhir adalah 9.
Apa ada yang hasil akhirnya bukan 9?
kenapa hasil akhirnya selalu sembilan adalah sebagai berikut.
-Angka-angka pembentuk bilangan kelipatan sembilan bila dijumlahkan pasti juga kelipatan sembilan.
-Sebagai penjelasan sederhana perhatikan contoh berikut
7814 x 9 = 70326
maka 70326 adalah kelipatan sembilan, padahal
70326 dapat ditulis sebagai
=(7x10000)+(0x1000)+(3x100)+(2x10)+(6x1)
=(7x[9999+1])+(0x[999+1])+(3x[99+1])+(2x[9+1])+ (6x1)
=(7x9999)+(0x999)+(3x99)+(2x9)+7+0+3+2+6
=9x([7x1111]+[0x111]+[3x11]+2)+(7+0+3+2+6)
Karena 70326 kelipatan 9 maka 70326 habis dibagi sembilan, sehingga harusnya (7+0+3+2+6) juga bilangan kelipatan sembilan.
-Jika dilakukan penjumlahan terus menerus maka semakin lama hasil penjumlahannya semakin sederhana dan pada akhirnya diperoleh bilangan dengan satu angka yang merupakan kelipatan sembilan. Bilangan itu tidak lain adalah 9 itu sendiri.

(trik 4)
Permainan Sulap permainan sulap menebak uang yang disembunyikan
Cth Saya minta tiga orang sukarela maju ke depan misal yang maju adi, budi dan tuti.
Perhatikan apa yang saya pegang. (saya mengeluarkan uang 5000 rupiah, 10000 rupiah dan 20000 rupiah) Uang ini akan menjadi hadiah untuk kalian semua asal ketiga anak ini mampu mengelabui saya dengan baik, tetapi bila saya bisa menebak dengan benar maka uangnya harus dikembalikan. Tolong masing-masing dari tiga orang yang di depan ini menyembunyikan satu lembar uang,
gunakan strategi yang baik supaya saya tidak bisa menebak. Selama kalian memilih uang saya akan menutup mata
Kalo sudah ini ada 24 butir kelereng Silahkan kamu ambil sebutir kelereng ini Adi! Dan budi, silahkan kamu ambil dua butir kelereng ini! Untuk tuti, silahkan kamu ambil tiga butir kelereng ini.
Selanjutnya sisa kelereng saya letakkan di meja dan kamu masing-masing saya minta ambil beberapa butir lagi .tapi Selama kalian mengambil lagi,saya akan menutup mata lagi.
Nah setelah mata saya tertutup,nah jumlah kelereng yang harus diambil adalah sebagai berikut
-Yang merasa menyembunyikan uang 5000 silahkan mengambil kelereng sama banyak dengan kelereng yang telah diambil tadi,
-Yang merasa menyembunyikan uang 10000 silahkan mengambil kelereng dua kali dari banyak kelereng yang telah diambil tadi,
-Yang merasa menyembunyikan uang 20000 silahkan mengambil kelereng empat kali dari banyak kelereng yang telah di ambil tadi,
Paham?
Saya akan menutum mata lagi. Jika sudah sembunyikan kelereng masing2 sisanya biarkan mi meja
sekarang saya akan mulai menebak,misal sisa 3 kelereng
-uang 5000 ada pada Adi.
-uang 10000 ada pada tuti.
- 20000 rupiah terakhir pasti ada di budi.

Adi, Budi dan tuti masing-masing menyembunyikan uang 5000, 20000, 10000
Berarti rang sampelnya 5000,20000,10000
-Berikut adalah ruang sampel dari uang tsb
jika ditulis maka ruang sampelnya adalah {(5000,10000,20000), (10000,5000,20000), (5000,20000,10000), (10000,20000,5000), (20000,5000,10000), (20000,10000,5000)}.
Jadi
Ruang 5000,10000,20000
1+(sama jumlah di ambil)1
2 +(2x jumlah di ambil) 4
3 +(4x jumlah diambil) 12
23
Sisa 1
Ruang 10000,5000,20000
1 + 2
2 + 2
3 + 12
22
Sisa 2
Ruang 5000,20000,10000
1 + 1
2 + 8
3 + 6
21
Sisa 3
Ruang 10000,20000,5000
1 + 2
2 + 8
3 + 3
19
Sisa 5
Ruang 20000,5000,10000
1 + 4
2 + 2
3 + 6
18
Sisa 6
Ruang 20000,10000,5000
1 + 4
2 + 4
3 + 3
17
Sisa 7

karena ada sisa tiga kacang, maka titik sampel yang sesuai adalah (5000,20000,10000).
Menurut kelereng yang pertama diambil bahwa adi ambil 1
Budi ambil 2
Tuti ambil 3
Maka bisa di ketahui siapa yang membawa uang.

(trik 5)
suruh orang bayangin angka berapa aja misalnya 150, dan anda tidak tahu. trus suruh nambah angka anda sebutkan berapa aja misalnya 2.
nah disitu anda suruh nambah atau kurang atau kali atau bagi, asal nanti kali bagi tambah kurangnya kembali keangka dia ditambah keangka anda habis itu suruh dia ngurangi angka yg dia bayangkan yaitu 150, maka angka akhir sudah anda dapat yaitu 2... trus anda olah ditambah dibagi dikali. dsb... dan trus sebutkan angkanya maka akan cocok dg angka yg dia dapet. pusing ya...?
nih contoh gampangnya....
bayangkan sebuah angka dan jangan kasih tahu saya... misalnya dia bayangi 150. anda bilang kalikan 2....
150x2=300
kalikan 6........
300x6=1800
bagi 3.........
1800:6=300
tambah 50
300+50=350
tambah 50
350+50=400
kurangi 100
400-100=300
bagi angka yg anda bayangkan 300?150=2
nah disini angka anda sudah kepegang, tinggal anda kembangin dg kali bagi tambah dsb maka akan ketemu angkanya. dan sebutkan didepan temen anda.
bilangan kali,bagi,kurang,tambah hanya sebagai hiburan agar terlihat serius, intinya Riancian di atas adalah
(nx2)x6/3+50+50-100/n=2
(nx2)x2+100-100/n=2
(nx2)x2/n=2
(nx2)/n=2-2
(nx2)/n
2n/n=2
Atau
nx2=2n/n=2
Atau 2 bisa anda rubah yang lain
nx3=3n/n=3
Udah pada ngerti kan,. Sampai di sini dulu cuma itu yang baru ada,nati jika ada lagi di tambahin, semoga bisa bermanfaat..

14 komentar:

28 Februari 2009 02.39
Nama : DeLiA
Website : http://www.blogger.com/profile/05169904026130124789

mengatakan...

mampir sini sore2..
makasih tadi udh main d 'rmh' aq yah, Mas Eko..
^_^

post komentar
Anonim 14 April 2009 06.07

mengatakan...

nice broo

post komentar
25 April 2009 17.08
Nama : Mr.roLiZorcopS
Website : http://www.blogger.com/profile/03699197777646636749

mengatakan...

wah ternyata sulap itu mudah sekali

post komentar
2 Mei 2009 05.53
Nama : rendy 1ckr
Website : http://www.blogger.com/profile/01377643732647101627

mengatakan...

bagu5 tp ribet

post komentar
2 Juni 2009 19.30
Nama : usmanclan
Website : http://www.blogger.com/profile/07159198243071080683

mengatakan...

ada ga'trik sulap seprti joe kolaborasi dengan dedy pada the master "duel all star"????????????

post komentar
4 Juni 2009 09.21
Nama : Ekowijayanto
Website : http://www.blogger.com/profile/07466976601211409671

mengatakan...

@usmanclan= udah aq posting kq silahkan liat artikel barunya

post komentar
2 Desember 2009 00.38
Nama : zenalll
Website : http://myfolder99.blogspot.com

mengatakan...

dibanyakin atu trik sulapnya.....
di blog ku juga ada trik sulapnya lo...
yg mu bisnis jg ada..
disini ni:
myfolder99.blogspot.com

post komentar
28 Juli 2010 20.03
Nama : chaisin
Website : http://www.chairilmuhsin.blogspot.com

mengatakan...

emmmmmmmmm postingannnya bagus banget tuhhhhhhhhhh kapan-kapan ditambah ya.......... tips- and triknya hehehehehe

post komentar
22 April 2011 00.47
Nama : Miftahul Rizky
Website : http://www.blogger.com/profile/11593357844112946022

mengatakan...

keren kak,,
klo ada lagi post kan ya kak... :)
salam kenal kak...

post komentar
14 Juni 2011 03.57
Nama : irwan17blog
Website : http://www.blogger.com/profile/14976007815428883084

mengatakan...

keren bro...izin copas ya di blog ku..untuk Koleksi buat anak2 skull

post komentar
20 Agustus 2011 09.38
Nama : artikelpenjas
Website : http://artikelpenjas.blogspot.com

mengatakan...

terima kasih infonya..
salam kenal...

post komentar
Anonim 8 Agustus 2012 19.56

mengatakan...

wahahahahahahaha......

post komentar
8 Agustus 2012 23.29
Nama : zainul hilmansyah
Website : http://www.blogger.com/profile/00683216284914429077
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
7 Januari 2013 04.02
Nama : Anggi Smanda
Website : http://www.blogger.com/profile/02243227351771501545

mengatakan...

Ayo tukar link sob...
follow, like, comment.. untukmu.. (y)
http://anggirocker.blogspot.com/

post komentar

Poskan Komentar

Belajar cari tau © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute